Translate

Monday, September 30, 2013

DASAR – DASAR KOMPUTER


A.    Pengertian
Istlah Komputer berasal dari kata Computare (Latin) yang berarti “Menghitung” atau “alat hitung” (to compute atau reckon). Jadi Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasarkan urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya, yaitu dapat menerima input/output data, dapat memberikan informasi, dapat mengolah data, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan data.



Adapun pengertian komputer menurut beberapa buku yaitu :
1.    Computer Annual (Robert H.Blissmer)
Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan tugas menerima input, memproses input sesuai dengan programnya, menyimpan perintah dan hasil pengolahan,  serta menyediakan output dalam bentuk informasi.
2.    Computer Today (Donald H. Sander)
Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi program yang tersimpan di memori (Stored Program)
3.    Computer Organization (V.C. Hamacher, Z.G. Viranesic, S.G. Zaky)
Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya (stored program) dan menghasilkan output informasi.
4.    Introduction To The Computer, The Tool of Business (William M. Fouri)
Komputer adalah suatu pemroses data (data prosesor) yang dapat melakukan penghitungan yang besar dan cepat termasuk penghitungan aritmatika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemrosesan.

B.     Jenis – jenis Komputer
Jenis komputer dapat digolongkan berdasarkan:
1.      Berdasarkan Jenis Data Yang Diolah
a.   Komputer Analog adalah komputer yang bekerja secara paralel (analog) untuk mengolah data yang sifatnya kontinyu, datanya berupa besaran fisik dan angka-angka (kuantitatif) seperti temparatur, tekanan udara, kecepatan angin, arus listrik gelombang suara, dll
Contoh: Amperemeter, Voltmeter, Barometer, Termometer

b.  Komputer Digital adalah komputer yang bekerja berdasarkan operasi hitung. Variabel dalam komputer ini dinyatakan dengan angka-angka. Penyelesaian masalah dilakukan dengan proses aritmatik dan logik (kuantitatif).
Contoh: Calculator, Apple IIe, IBM PC

c.    Komputer Hybrid adalah komputer yang bekerja secara kualitatif dan kuantitatif. Komputer ini merupakan gabungan antara komputer analog dan komputer digital.
Contoh dari komputer jenis ini adalah komputer yang digunakan pada robot-robot yang dipakai sebagai pekerja pada pabrik.

2.      Berdasarkan Kapasitasnya
a.       Komputer ukuran kecil (Micro Computer)
Sumber : www.freewebs.com
b.      Komputer ukuran sedang (Mini Computer)
Sumber : www.freewebs.com
c.       Komputer ukuran super (Super Computer)
Sumber : www.freewebs.com

d.      Komputer Main Frame
Sumber : www.freewebs.com

3.      Berdasarkan Penggunaannya
a.    General Purpose Computer : digunakan untuk menangani seluruh jenis masalah baik masalah bisnis maupun yang lainnya. Komputer jenis ini biasanya cocok untuk komputer pribadi (PC).

b.  Special Purpose Computer adalah komputer yang digunakan untuk menangani satu jenis masalah khusus. Komputer jenis ini biasanya telah diisikan suatu program kkomputer khusus, yang biasanya digunakan sebagai pengontrol proses-proses tertentu pada mesin pabrik, kepentingan militer atau pemeriksaan kesehatan. Dengan demikian bila ditinjau dari segi data yang diolah maka komputer jenis ini biasanya menggunakan koputer yang memiliki kemampuan hybrid.

C.     Perangkat Komputer
1.      Perangkat Keras (Hardware)
CPU (Central Processing Unit) : Pusat pengolahan serta pengontrol dari keseluruhan sistem computer yang sedang melaksanakan tugasnya.
·         Control Section
Mengontrol dan mengkoordinir keseluruhan sistem computer dalam melakukan pengolahan data, mengawasi Input/Output devices, memasukkan dan memanggil data dari storage, mengendalikan dan mengarahkan data.
·         ALU (Arithmatic Logic Unit)
Melaksanakan proses berupa aritmatic operation, logical operation, dan BIT manipulation penghitungan, pemindahan data, pemilihan data, penyatuan data, penyusunan data, membandingkan, dsb
·         Internal Storage/Main Storage
Penyimpanan data maupun instruksi-instruksi yang sedang dijalankan.
·         Storage Device (external memory)
-          ROM (Read Only Memory) : Memori hanya dapat dibaca saja, data yang tersimpan bersifat permanen.
-          RAM (Random Acces Memory) : Memori dapat dibaca dan ditulis, data yang disimpan tidak permanen. Contoh :  Disket, CD

2.      Perangkat Lunak (Software)
Program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan pengolahan data. Software dapat dikelompokkan menjadi :
a.       Operating System (OS)
Suatu program yang berfungsi sebagai pengendali kerja computer. Misalnya DOS, UNIX, Windows, Linux dll.
b.      Bahasa Program (program language)
Yang dipai oleh para pembuat program (programmer) untuk membuat daftar instruksi (program) yang harus dilaksanakan oleh computer. Contoh : Basic, Cobol, Prolog, Fortran, Pascal, Assembler, dll.
c.  Paket Aplikasi (package software) yaitu program yang sudah siap digunakan untuk suatu aplikasi tertentu yang sifatnya siap pakai dan praktis. Contoh : Pengolahan kata (word processor) Wordstar, MS Office, Word Perfect, dsb.

3.      Manusia (Brainware)
Manusia atau orang-orang yang bekerja di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem computer, diantaranya yaitu :
a. System Analyst : Yang bertugas mempelajari, menganalisa, merancang dan membentuk suatu sistem/prosedur pengolahan data secaraelektronik berdasarkan aplikasi yang dipesan oleh pemakai jasa computer.
b. Programmer : yang bertugas di dalam data processing programming berdasarkan program spesialisasi.
c. Operator : Yang bertugas mempersiapkan komputer untuk memproses suatu program.

D.    Dasar Pengolahan Data

·         Data                : Kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan (fakta), dapat berupa angka, huruf, symbol, atau gabungan dari ketiganya
·         Pengolahan      : Manipulasi data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan berarti
·         Informasi         : Hasil dari kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih berarti dari suatu kejadian.


No comments:

Post a Comment